Selasa, 08 Agustus 2017

Pengalaman Beli Laptop Merk ASUS, Bagus Gak Sih?



Pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman beli laptop merk ASUS. Buat kamu yang kebetulan ingin membeli laptop namun masih bingung merk laptop apa yang bagus, atau sudah yakin dengan merk ASUS yang menurut kamu bagus namun masih ragu, dan pada akhirnya google nyasarin kamu di blog gembelsusah ini.


Ok langsung saja, sama seperti kamu, ketika saya ingin membeli laptop pun googling sana sini dan tidak lupa juga tanya - tanya sama orang yang ngerti tentang hal ini. Dan pada akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada salah satu merk laptop yang sudah cukup terkenal yaitu ASUS.

Waktu itu saya beli carefour di daerah cikarang selatan (deket fly over) bulan Februari 2012, Saya beli laptop ASUS tipe K43U. Kenapa saya beli itu karena menyesuaikan budget saya yang hanya ada 3-4 juta. Untuk spesifikasinya bisa kamu googling sendiri.

Saya beli dengan harga sekitar Rp. 3.990.000,- yang sebenarnya saya cek itu harga aslinya 3,5 juta itu total, jadi 3,9 juta itu ditambahkan dengan pajak. Jadi saya yang naggung pajaknya, tapi umum sih kalau di supermarket / swalayan2. Orang di minimarket aja pajak ditanggung pembeli, hhe..

Dengan spesifikasi yang cukup standar menurut saya harga segitu lumayan mahal kalau dibandingin dengan merk - merk lain yang menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi. Kalau dilihat dari segi price to performance menurut saya masih kalah sama merk lain.

Tapi berhubung saya sudah mantap ingin segera memilikinya dan kebetulan juga mumpung masih megang duitnya, jadi tanpa pikir panjang x lebar x tinggi akhirnya kebeli juga.

Oia saya beli waktu itu untuk keperluan kuliah, jadi saya berharap mudah - mudahan laptop ini bakal awet menemani sampai wisuda nanti. Aamiin.



Untuk pemakaian saya biasanya buat negerjain tugas kuliah, macam coding, makalah de el el, terus juga sering saya pakai buat googling dan juga buat main photoshop, karena kebetulan saya pengan bangat bisa desain grafis. Dan gak tanggung tanggung saya instal Adobe photoshop versi terbaru yaitu Photoshop CS6

Dan kamu tahu bagaimana performa nya..? benar - benar lemot dan terlalu maksain, mengningat laptop tersebut hanya memiliki RAM 2GB dan Processor AMD dual core 1,2 Ghz hhe.. tapi karena berhubung sudah nyaman dengan versi itu jadi tetap saya pakai.

Namun dengan spesifikasi yang minim tersebut ada hal yang membuat saya tertarik dengan laptop merk ASUS ini. Yaitu ketahanannya, kenapa saya bilang begitu? karena sampai artikel ini dibuat (agustus 2017) saya masih sering memakai laptop tersebut dan masih sehat - sehat aja. Malah dipakai adik saya buat ngerjain tugas sekolah.

Dan selama saya memiliki laptop tersebut saya belum pernah ngalami kerusakan apapun. dan belum pernah ketempat servis center sampai saat ini. Masalah - masalah kecil yang pernah saya alami paling tombol yang kadang mati, namun nanti bisa betul kembali dengan sendirinya.

Kalau itu sih masalahnya karena saya jarang membersihkan bagian keyboardnya jadi banyak debu - debu yang menempel. Terus masalah berikutnya adalah baterai, yuphh masalah yang sering muncul pada laptop adalah daya tahan baterainya. Umumnya laptop hanya sanggup bertahan 1-2 jam tanpa di charge.



Saya kasih gambar tasnya karena artikelny kepanjangan , buat selingan biar gak bosen :D


Dulu waktu pertama kali beli baterai memang sanggup bertahan hingga 2 jam tanpa di cas, namun pada 2 tahun berikutnya performa nya mulai berkurang, sampai sekarang hanya bisa bertahan 20-30 menit saja tanpa di charge. Tapi saya belum pernah ganti baterai lho, selama memilikinya, jadi masih ori. Tapi tanpa baterai masih tetap lancar jaya kok.

Oia ini tips dari saya saja, kalau ingin baterainya awet sebelum di colokin listrik sebaiknya baterai dilepas saja dari laptopnya, jadi listrik langsung terhubung ke laptop tanpa mampir ke baterai dulu. Katanya itu sih bikin awet tapi saya sendiri hampir gak pernah melakukan itu, karena yang pertama bikin ribet, kedua debu jadi mudah  masuk kedalam.

Mangkannya saya jarang lepas baterai, toh kalau memang sudah waktunya rusak nanti bakalan rusak sendiri. Buktinya sampai sekarang masih awet, tapi sekarang kalau saya pakai pasti saya colok listrik terus karena takut tiba tiba habis dayanya.

Paling ini saja sih sharing dari saya menggunakan laptop merk ASUS selama 5 tahun (belum pernah mengalami kerusakan). Sebenarnya awet tidaknya tergantung kita ngerawatnya, ya kalau laptop sebagus apapun kalau sering kita banting, kita lempar atau buat bantal tidur bahkan sampai kita cemplungin ke air pasti bakal cepat rusak.

Jadi kesimpulannya untuk laptop merk ASUS menurut saya recomended buat suka yang awet awet, tapi kalau kamu orangnya mudah bosen dan kebetulan anak sultan pula sebaiknya cari merk lain yang cepat rusak, biar cepet ganti ganti.

Oia ASUS juga kasih garansi sampai 2 tahun, itu artinya ia berani ngasih garansi segitu karena ia punya alasan. Dan menurut saya alasannya karena ini, daya tahannya bagus.

Okeh sekian artikel kali ini dari saya, kalau ada yang punya pengalaman lain dan ingin sharing, silahkan tuliskan pengalamannya di kolom komentar.

Load disqus comments

0 komentar