Senin, 26 Maret 2018

Ada Berapa Sensor Yang Terdapat Dalam Smartphone Android Xiaomi Redmi 5A?



Entah kenapa ketika saya mengekplorasi Hp Redmi 5A ini saya tertarik untu mengecek sensor yang terdapat dalam ponsel ini. Nah waktu itu saya langsung download aplikasi sensor box di playstore. karena menurut saya aplikasi ini yang paling bagus untuk mengetahui sensor yang terdapat dalam ponsel kita.

ketika saya jalankan aplikasi ini disini tedeteksi ada 6 jenis sensor yang aktif. Yaitu Accelerometer sensor(sensor gerak),Light Sensor(sensor cahaya),Orientation Sensor(sensor posisi/kompas), Proximity Sensor(sensor penghalang),Sound Sensor(sensor suara), magnetic sensor(sensor magnet)


Lambang yang diberi lingkaran merah disilang menandakan ponsel ini tidak mendukung sensor tersebut.

1. Accelerometer Sensor (Sensor Gerak)

Sensor gerak pada Redmi 5A

Accelerometer sensor sesuai dengan namanya akselerasi atau gerak merupan sensor yang mampu mendeteksi posisi suatu benda dalam ruang 3 dimensi. Dalam aplikasi tersebut terdapat sebuah bola berwarna perak yang menandakan posisi diam.

Posisi benda akan di gambarkan dalam sebuah grafik kordinat yaitu sumbu X,Y,Z warna merah nenunjukan sumbu X, warna biru menunjukan sumbu Y dan warna hijau mendandakan sumbu Z. jika kita menggoyangkan ponsel kita maka posisi bola tersebut akan ikut bergerak begitu juga grafiknya  akan berubah. menunjukan adanya perubahan posisi akibat gerakan dari ponsel kita.
Untuk lebih jelasnya tentang sensor Accelerometer bisa di baca di artikel berikut ini.

5 Fungsi Sensor Accelerometer Pada Ponsel Android Yang Jarang Kita Ketahui


2. Light Sensor atau Sensor cahaya.

sensor cahaya pada xiaomi redmi 5A

Sesuai dengan namanya sensor ini mendeteksi adanya suatu cahaya. Dalam aplikasi ini angka di layar akan berubah-ubah sesuai dengan berapa banyak cahaya yang terdeteksi oleh sensor di ponsel. Jika tidak ada cahaya maka angkanya adalah 0 Lux (satuan pancaran cahaya).

Nah kebetulan disitu layar ponsel saya hadapkan ke sumber cahaya yang berada di luar jendela. kebetulan cahaya matahari siang ini begitu terik sehingga menghasilkan angka 1049 Luxes. Sekedar informasi aja untuk standar penerangan lampu jalan di malam hari adalah sekitar 40-90 Flux. Bisa dibandingkan dengan angka di atas

untuk lebih lengkapnya tentang sensor Cahaya bisa dibaca di artikel berikut ini.

Fungsi dari Sensor Cahaya atau Light Sensor Pada Smartphone Android Yang Jarang Kita Sadari


3. Orientation Sensor atau sensor posisi(kompas)


Nah kalau untuk sensor ini  kalian pasti sudah pada paham kan. Yuph sensor ini akan mendeteksi posisi kita terhadap mata angin. jadi sensor ini berguna sekali jika suwaktu waktu kita tersesat dan sama sekali tidak tahu arah.. Oia Sensor ini juga mampu mendeteksi posisi benda verrtikal atau horizontal juga loh. 

jadi pada gambar grafik yang berwarna hijau itu terdapat buletan kecil pada masing masing lingkaran dan persegi panjang tumpul itu. ketika buletan kecil tepat berada di tengah - tengah semua maka posisi benda horizontal. 

jadi kalau di tukang bangunan ini mirip waterpas alat untuk mengukur permukaan lantai. untuk mengetahui apakah lantai yang di buat sudah sesuai(rata) atau belum.

4. Proximity Sensor / Sensor penghalang



Yang dimaksud dengan sensor penghalang yaitu sensor ini akan aktif ketika ada benda yang menghalanginya. dengan kata lain sensor ini dapat mendeteksi keberadaan suatu objek dengan jarak tertentu.

kalau dalam smartphone umumnya berjarak sekitar 5CM. Untuk mengetes apakah senor ini bekerja atau tidak kita bisa mengusapkan jari kita di depan proximity sensor. Jika sensornya mendeteksi keberadaan suatu objek maka gambar bunga di atas akan berubah menjadi kuncup. Asal jaraknya jangan lebih dari 5CM. kalau tidak percaya silahkan coba sendiri.

untuk fungsi kegunaan dari proximity sensor ini akan saya bahas di artikel berikut.

5. Sound Sensor atau Sensor Suara


Sesuai dengan namanya sensor ini mendeteksi tingkat kekersan suara. Ingat dalam suara ada frekuensi ada kekerasan suara. Dalam ponsel ini adalah kekerasan suara yang dinnyatakan dalam satuan desibel, kalau frekuensi dinyatakan dalam hertz.

Pada umumnya telinga kita akan merasa nyaman mendengar suara kurang dari 80 DB, kalau lebih dari 80 DB maka gendang telinga kita akan cepat rusak. Namun saya mencoba melakukan test terhadap suara musik, saya letakan di depan speaker komputer hasilnya sekitar 80-90 DB masih terasa nyaman. bahkan saya full kan volume suaranya namun angkanya masih dibawah 100DB.

6. Magnetic Sensor atau sensor magnet



Sensor yang satu ini akan mendeteksi  keberadaan magnet.  Lalu menampilkan besarnya medan magnet dalam layar. untuk satuan magnet sendiri umumnya adalah T (baca Tesla).

Dari percobaan yang saya lakukan pada aplikasi ini, saya mendekatkan ponsel ke benda yang mengandung medan magnet. kalau tidak terdapat medan magnet / medan magent lemah maka grafiknya berubah menjadi warna biru- hijau.

namun jika sensor ini mendeteksi adanya medan magnet yang kuat  maka grafik akan berubah warna nya menjadi merah. yang artinya besarnya sekitar 200 mico Tesla bahkan lebih.

Dan itulah semua sensor yang terdapat dalam smartphone android Xiaomi Redmi 5A.
Seperti biasa terimakasih karena udah nyasar di mari.
Load disqus comments

0 komentar