Minggu, 25 Maret 2018

2 Tahun Pakai Iphone Refurbish/Rekondisi Bagaimana Kondisinya sekarang?



Kali ini saya ingin share pengalaman tentang iphone refurbish/rekondisi yang pernah saya beli. Mungkin ini bisa jadi referensi buat teman-teman yang ingin membeli iphone rekondisi.

pada postingan sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang Iphone rekondisi buat yang belum baca silahkan bisa dibaca di sini
Postingan tentang iphone refurbish/rekondisi

Kenapa sih orang beli iphone?


sebuah pertanyaan yang mungkin muncul di benak teman-teman ketika melihat orang membeli iphone atau malah kamu sendiri yang bertanya-tanya pada diri sendiri.

bagi mereka yang sudah terbiasa dengan iphone mungkin mereka beralasan karena faktor kenyamanan, karena mereka sudah terbiasa dengan gadgetnya itu. Namun bagi mereka yang belum pernah sama sekali menggunakan iphone, mereka akan penasaran dan berusaha mencari tahu sendiri jawabannya.

nah kalau menurut saya sendiri kenapa sih saya membeli iphone.

1. Suka dengan desainnya yang premium.
Siapa sih yang gak tahu ponsel merk iphone, hampir semua orang tahu meski gak semua orang memilikinya. Bukan karena ingin terlihat wah, namun Saya sendiri dari dulu memang menyukai desain dari iphone yang menurut saya berkelas. karena memang jarang ada desain ponsel seperti iphone (kamu bisa meletakan iphone mu berdiri di bidang datar dari semua sisi iphonemu hhe)

2. Sistem keamanan yang gak diragukan lagi.
kalau sistem keamanan kebetulan bukan saya sendiri yang mengalaminya melainkan teman saya yang menggunakan iphone 6. karena ceritanya panjang saya buatkan judul terpisah di bawah ini :

4 Bulan IPhone 6 Hilang Tiba-tiba bisa Kembali ke Pimiliknya, Kok Bisa? Pengalaman Teman Saya


3. Kamera iphone paling bagus di kelasnya
Menurut saya dari semua jenis kamera ponsel, kamera iphone lah yang paling bagus, selain menghasilkan warna yang natural(gak lebay) tapi juga hasil jepretannya gak kalah sama kamera dslr.

4. performa mantapppp
walaupun iphone 5s saya ram cuma 1GB namun 1 GB nya iphone beda dengan android kebanyakan. walau cuma 1 GB buat jalanin aplikasi lancar jaya buat main game berat juga lancar jarang saya nemuin lag kayak waktu pake android yang bentar-bentar force close / RAM penuh

sebenarnya itu sih alasan utama saya membeli iphone.
tapi percaya deh buat yang baru pertama kali memakai iphone seminggu pertama biasanya di buat stress karena harus beradaptasi dengan ponsel milik apple ini.

namun kalau sudah terbiasa kita benar - benar dibuat merasa nyaman olehnya sehinngga enggan untuk pindah kelain ponsel. kecuali kalo duit kita banyak yang gak kepake daripada dibuang. bisa buat koleksi ponsel

Sayangnya ponsel milik apple ini harganya bisa di bilang diatas rata-rata dilihat dari spesifikasinya. contohnya saja waktu 2016 lalu waktu saya ingin beli iphone 5s 16GB yang garansi resmi harga masih sekitar 4.750.000

mungkin kalo di android dengan spesifikasi yang sama bisa didapatkan dengan setengah harganya saja.

nah itu juga yang membuat saya memutuskan untuk membeli iphone Refurbish / rekondisi yang harganya lebih murah bahkan setengah harga. namun dengan beberapa resiko yang harus ditanggungnya.

mengingat iphone rekondisi itu bukan garansi resmi, melainkan distributor.

nah disini saya ingin sharing pengalaman saya setelah memakai iphone selama 2 tahun.
bukan bermaksud ingin berlebay lebay terhadap produk apple ini namun kalo di suruh milih ponsel paling bandel jaman now saya akan pilih iphone

benar dah saya jadi ingat waktu pakai Nokia jaman dulu yang kelewat bandelnya tapi lebih bandelan nokia jadul sih kalo menurut saya.

bukan tanpa alasan saya bilang begitu tapi dari pengalaman saya sendiri. Jadi iphone saya itu sudah beberapa kali jatuh ke aspal. jatuh dari motor waktu saya lagi nge grab. Bahkan yang paling parah waktu itu saya saya tempelkan di tembok Toilet pake kaki gurita.

Saya pikir kaki gurita tersebut cukup kuat menahan beban si iphone itu agar tetap nempel di tembok namun karena temboknya kotor jadi iphone saya jatuh dari ketinggian 1meter tepat ujung bagian atas (dekat tombol power) jatuh menghantam lantai.

layar yang sudah retak - retak itu akhirnya sebagian terlepas. namun yang saya heran walaupun sudah ada bagian layar yang lepas layar sentuhnya masih lancar. bahkan saya masih bisa main game dengan lancarnya. oia sedikit mengalami penyok juga bagian atas yang menghantam lantai.

salut dah ama ponsel 'tahan banting' yang satu ini

dan masalah lainnya ialah terdapat pada charger, yuph karena ponsel rekondisi jangan harap dapatkan aksesori original. charger abal-abal yang berkali - kali saya pake akhirnya si iphone mencapai batasnya. lobang charger iphone mungkin sudah tidak tahan dengan charger abal-abal yang bolak balik saya colok ke iphone. mungkin iphone penganut monogami kali.. hha

belum benar- benar rusak namun demi kelancaran mungkin perlu di gantu port charger di iphone. Memang sih apple sendiri merekomendasikan untuk membeli aksesori yang original karena bahaya jika menggunakan aksesori abal-abal.

seperti punya teman saya iphone 5 meledak pada chargernya karena pake charger abal-abal dan berakibat pada ponselnya yang ikut mati. tapi saya belum lihat langsung kondisinya namun begitulah kata teman saya. entahlah mungkin benar.

Terus kebandelan iphone lainnya dari pengalaman saya, pernah waktu itu layarnya yang udah berlobang itu ketetesan air. waktu itu saya panik karena saya pikir akan kehilangan iphone kesayangan saya itu.

pasalnya waktu itu saya melihat sendiri layarnya tiba - tiba hank saya pencet - pencet tidak ada respon, lalu beberapa detik kemudian layarnya tiba - tiba perlahan nge blank dari atas ke bawah. saya jadi ingat film matrix pada waktu itu seperti ada digit-digit angka yang berjatuhan dari atas kebawah.

cuma disini bukan angka melainkan cuma bintik-bintik merah dan ijo kayak semut di TV dan setelah itu full blank. saya udah panik banget waktu itu. yahh gak bisa main game lagi pikir saya. Eh ternyata setelah beberapa jam saya diem in di ruangan AC sampai kering dan saya cas dan saya nyalain lagi.

Abrakadabra ponsel saya balik lagi, horee... benar-benar bahagia waktu itu. dari situ saya baru sadar kenapa saya suka iphone, seketika itu saya jadi ingat Nokia 1200 saya yang masuk air gara -gara saya kecebur kesungai dan sempet mati namun beberapa jam kemudian nyala kembali namun dengan sedikit error.

waduh jadi kangen nokia jadul wkkk... ok kembali ke topik.

nah 4 bulanan setelah kejadian matrix semut tadi masalah yang benar- benar saya alami aadalah port charger dan baterai yang superrrrr boros. jadi kalo beli iphone saran saya pertimbangan masalah memori dan baterai.

karena itu benar-benar membuat saya, akh iphone is sucks. namun saya tanya ke teman saya pengguna iphone 6 dia gak mengalami masalah dengan baterai dan merasa nyaman. berarti sudah saya duga masalahnya ada pada iphone 5s yang boros baterai

Akhir dari Touchscreen iphone 5s namun bukan akhir dari Iphone nya

suatu ketika saya lagi main moba  di hp nah saya kelewat emosi waktu itu jadi saya pukulkan layar yang sudah ancur-ancuran itu ke lutut saya. dan seketika itu layar sentuh mati dan keluar bintik - bintik semut merah di layat.

saya pikir ini sama dengan kejadian waktu kemasukan air, tapi ternyata saya salah. karena setelah saya tunggu hingga beberapa jam layar masih belum bisa kembali.

dan saya pikir iphone saya sudah mencapai batasnya. Tapi sebenarnya iphone saya bisa kembali normal kalau saya belikan layar LCD yang baru. namun karena harganya yang lumayan mahal. waktu itu saya pernah tanya grup di FB sekitar 450rb itu juga barang mutilasi jadi kemungkinan besar barang second tapi original. mungkin kalau di counter bisa mencapai 700rb an untuk yang original.

jadi saya memutuskan untuk hijrah ke Android . sekarang saya menggunakan Android sejuta umat milik Xiaomi, Redmi 5A. mungkin akan saya bahas di lain postingan untuk ponsel ini.

kesimpulannya buat yang ingin mencari ponsel yang mengutamakan performa + kamera ganteng. saran saya pilih iphone gak bakal nyesel. tapi mesti di ingat masalah aksesori+baterai+memori juga jangan lupa perawatan.

walaupun temper glass agak mahal saya sarankan walaupun nantinya pecah ganti dengan temper glass yang baru. gak mau kan ganti layar yang harganya setengah juta lebih?

kalau nantinya terpaksa beli iphone rekondisi, gak masalah asalkan mesti ingat resikonya. kalau pake iphone pastikan gunakan aksesori yang original kemungkinan akan awet. kalo sekarang saya disuruh milih antara iphone rekondisi atau iphone second, saya pilih iphone second.

alasannya walau second asal aksesori original dan baterai gak ada masalah itu jauh lebih baik daripada rekondisi karena aksesori kebanyakan udah diganti sama pihak distributor non resmi. asalkan barang second itu bukan barang second rekondisi. maksudnya kamu udah beli barang second eh gak taunya kamu beli dari orang yang beli barang refurbish

jadi tanyakan dulu ke pemiliknya dulu beli dimana.  kalo dia beli di iBox mudah-mudahan original.

namun ini semua berdasarkan pengalaman saya, mungkin dasana masih banyak barang rekondisi yang aksesorinya original.

tapi sebenarnya kalau kalau saya punya budget lebih saya pengin beli iphone yang original lagi. saya benar -benar merasa nyaman dengan iphone.  :)
Load disqus comments

0 komentar