Senin, 08 Januari 2018

Cara atau Rumus Menghapus Tanda Titik Atau Koma Di Dalam Angka Pada Microsoft Excel

Buat kamu yang nyasar di artikel ini, mungkin kamu sedang mencari kebingungan bagaimana cara cepat menghapus tanda titik/koma pada celah - celah angka tanpa ribet. 

Baiklah jika itu yang sedang kamu cari sebaiknya baca artikel ini sampai selesai. Kasus ini biasanya muncul ketika kamu baru saja mngcopas sebuah data yang berisi angka dan di celah-celah angka tersebut terdapat tanda titik/koma sebagai pemisah(biasanya untuk angka ribuan atau lebih).

Padahal kamu ingin sekali melakukan perhitungan pada data angka tersebut. Biasanya akan muncul error karena kita melibatkan karakter bukan angka kedalam rumus tersebut.

Sebagai contoh, di sini saya meng copas sebuah data excel dari BPS(Badan Pusat Statistik) tentang jumlah penduduk. 


Pada data di atas jumlah penduduk pada tiap prvinsi yang di tuliskan terdapat tanda titik(.) di sela-sela angka tersebut. yang menunjukan bahwa data tersebut lebih dari ribuan(dalam tabel contoh data angka di tuliskan dalam ribuan)

Padahal saya ingin mengolah data tersebut  kedalam rumus, maka saya harus menghapus terlebih dahulu tanda titik(.)nya. 

Namun akan sangat merepotkan kalau saya harus mengeditnya satu persatu, karena rasanya hampir sama dengan menuliskan ulang.

Untuk itu saya perlu cara cepat untuk menghilangkan tanda titik pada tabel tersebut semua sekaligus.

caranya adalah dengan menggunakan perintah FIND & SELECT yang terletak pada kanan atas menu HOME. Namun kita pilih Replace. cara cepat untuk aksesnya bisa menggunakan CTRL+H


Find & Replace di gunakan untuk mencari data tertentu lalu menggantinya dengan data yang lain. Seperti pada contoh kasus di atas kita ingin menghapus tanda titik(.). Maka caranya adalah sebagai berikut


Isikan pada kolom Find What  dengan tanda titik(.) karena tanda titik yang ingin kita hapus.
Lalu pada kolom Replace with kosongkan karena tujuan kita hanya ingin menghapus tanda titik sehingga kita tidak usah mengisinya. lalu tekan Replace All untuk mengganti semuanya.

Jika kita tidak ingin mengganti semuanya sebaiknya kita blok dulu data mana yang akan kita replace baru kita Replace ALL.



Jika berhasil maka akan muncul pesan seperti pada gambar di atas. Namun jika belum berhasil cobalah kamu isikan SPASI pada kolom Replace With , setelah tanda titik berubah semua, baru kita ganti tanda SPASI. 

Pada Find What  kita isi dengan SPASI lalu pada Replace With kita kosongkan. Tekan Replace ALL maka otomatis akan berubah.

Namun sejauh ini saya belum menemukan masalah. Jadi cara atas memang sudah saya praktekan dan berhasil.

Selamat mencoba.
Load disqus comments

0 komentar