Senin, 08 Januari 2018

Cara Memfilter Data Di Excel Berdasarkan Kategori Lalu Membuatkan Tabel Baru


Kali ini saya kan berbagi sedikit ilmu yang saya tahu tentang Microsoft Excel. Kali ini kita akan belajar menyortir data lalu mengcopy nya menjadi sebuah tabel baru dengan kategori yang sama atau sejenis.

Mungkin di antara kamu ada yang pernah mengalami kesulitan ketika kamu harus memilih data di sebuah tabel excel dengan kategori yang sama dan kamu harus membuatkan tabel yang baru untuk data dengan kategori yang sama tersebut.

Nah mungkin kalau kita belum tahu caranya maka kita akan mengcopy  data tersebut satu persatu, atau malah kalian mengcopy master tabel nya lalu mem paste kan ke sheet baru baru kamu modifikasi sesuai kebutuhan. (sebenarnya ini merupakan pengalaman teman)

Padahal tahukan kamu ada cara yang jauh lebih sederhana ketimbang cara di atas. Yaitu dengan menggunakan FILTER. Perintah FILTER sudah disediakan oleh Excel untuk mempermudah dalam penyortiran data. biasanya terletak di pojok kanan atas pada menu HOME.


cara menggunakannya sangat sederhana pertama kita pilih dulu kolom(Bagian cell excel yang vertikal) yang akan di sortir. dengan cara klik pada bagian cell yang akan kita filter dalam kasus ini saya akan memfilter kolom jabatan.



saya ingin menampilkan data yang memiliki jabatan Operator pada kolom Jabatan. Maka saya klik cell jabatan lalu saya pilih FILTER pada menu HOME yang terletak di kanan atas. lalu akan keluar tanda panah ke arah bawah kolom jabatan dan jug kolom2 di sebelahnya(row/baris 2).




Maka ketika klik tanda panah itu akan muncul kategori data, dalam kasus di atas terdapat  kategori Foreman, Manager, Operator, dan Supervisor. Karena kita hanya ingin menampilkan data dengan jabatan operator saja maka Uncheck semua kategori kecuali Operator


Alhasil data yang ditamplkan hanyalah data yang memiliki jabatan operator. Lihatlah yang di lingkari merah, itu menandakan ada data-data yang di sembunyikan. 

Nah jika sudah seperti di atas, tinggal langkah selanjutnya kita Copas ke Sheet baru.



Sekarang data sudah berhasil kita copas kedala sheet baru dan data sudah berurutan. Dan kita punya tabel baru berisi data2 karyawan yang memiliki jabatan operator saja.
Sederhana bukan. Silahkan sambil di praktekan. 

Demikian artikel ini semoga bermanfaat


Load disqus comments

0 komentar