Senin, 07 Agustus 2017

Pengalaman Cara Bayar Pajak Motor Dan Ganti Plat Nomor 5 Tahunan




Sebagai warga negara yang baik memang kita diwajibkan untuk membayar pajak untuk tiap kendaraan bermotor seperti sepeda motor maupun mobil. Pembayaran dilakukan setahun sekali di kantor SAMSAT, sesuai dengan tanggal pembelian kendaraan yang kita miliki. Sebaiknya seminggu atau beberapa minggu sebelum jatuh tempo.

Mungkin bagi kalian yang sudah terbiasa membayar pajak bukan hal yang membingungkan melakukan  pembayaran di kantor SAMSAT sendiri, namun bagi orang awam seperti saya akan menjadi hal yang membingungkan ketika baru pertama kali melakukan pembayaran.

Beberapa hari yang lalu untuk pertama kalinya saya coba melakukan pembayaran pajak di kantor SAMSAT, dan kebetulan juga itu tahun ke lima saya memiliki sepeda motor tersebut, itu artinya waktunya bayar pajak sekaligus harus ganti Plat Nomor Polisi kendaraan.

Nah untungnya waktu itu saya ditemani oleh bapak saya ke kantor SAMSAT, niatnya pengen sendiri namun karena bapak saya sendiri yang menawarkan untuk ikut bersama. yaudah apa boleh buat. Lagian saya belum pernah bayar pajak sendiri apalagi ganti No Polisi Kendaraan.

Kami datang ke kantor samsat hari selasa pagi berangkat dari rumah pukul 07:10. sampai disana pukul 07.35. Sesampai disana ternyata sudah banyak orang yang menunggu di luar, dan kita langsung saja masuk kedalam dan mencari informasi tentang tata cara pembayaran pajak + pergantian plat nomor kendaraan.

Adapun syarat - syarat yang harus disiapkan sebelum melakukan pembayaran adalah 

1. Fotocopy KTP beserta aslinya
2. Fotocopy BPKB (untuk berjaga - jaga bawa aslinya, namun dari pengalaman saya hanya fotocpy an yang diserahkan)
3. Fotocopy STNK dan yang pasti aslinya harus dibawa untuk ditukar dengan yang baru

Setelah semua syarat terpenuhi tingggal kita datang ke kantor samsat di daerah kita. Usahakan datang pagi - pagi sebelum buka, karena antriannya biasanya lumayan banyak.

Berikut ini adalah tata cara  pembayaran pajak 5 tahunan:


1. Mintalah formulir pembayaran pajak, jika masih bingung silahkan tanya pada petugas disana

2. Isilah isi formulir tersebut.

3. Ambil map yang disediakan oleh petugas, map ini digunakan untuk meletakan dokumen - dokumen kita yang nantinya akan diserahkan ke petugas. Seandainya tidak disediakan silahkan bawa sendiri.

3. Melakukan pengecekan fisik kendaraan, jadi disini kendaraan kamu akan di cek oleh petugas. Biasanya petugas datang ke parkiran khusus dimana kendaraan kita di parkirkan. Petugas akan mencatat nomor yang tertera pada kendaraan kita, biasanya terletak di dalam jok motor dan bagian mesin (berbeda tiap kendaraan). Kita hanya perlu menunggu di parkiran sambil membawa dokumen - dokumen kita, hasil dari pengecekan dari petugas akan di gabungkan dengan dokumen kita yang lain.

4. Dokumen yang sudah lengkap tadi diserahkan ke bagian pembuatan plat kendaraan, saya juga tidak terlalu paham pada bagian ini mungkin akan di cek dokumen untuk di buatkan platnya. Setelah selesai petugas akan menyerahkan kembali ke kita. Untuk lokasinya biasanya dibelakang, berbeda dengan ruang pembayaran pajak.

5. Berikutnya kita serahkan map yang berisi dokumen lengkap ke petugas. Pada bagian ini dokumen di cek, biasanya diminta KTP asli. Stelah itu baru kita diberi no antrian.

6. Setelah no antrian kita dipanggil, yang harus kita lakukan selanjutnya adalah membayarkan sejumlah uang sesuai dengan yang disebutkan oleh petugas. Lalu kita diberi selembar kwitansi yang nantinya kita gunakan untuk mengambil SKCK yang baru. Waktu saya kemarin biaya untuk pajak + ganti plat untuk motor jupiter z1 sekitar Rp. 363.000.

7. Pengambilan STNK yang baru, setelah mengantri beberapa menit kita tinggal memberikan kwitansi pembayaran pajak. Lalu kita dapatkan STNK yang baru, cek kembali takut ada kesalahan.



8. Pengambilan Plat Nomor Kendaraan. Waktu diberitahu petugas untuk mengambil palt nomor di ruang bagian belakang saya merasa senang, karena saya pikir harus nunggu berhari - hari atau malah sampai hitungan minggu namun pada hari itu juga langsung jadi. Dan kami pun bergegas ke bagian belakang untuk mengambil plat nomor yang baru. Memang benar 2 buah plat langsung jadi pada hari itu juga, namun kami harus siap - siap kecewa melihat hasilnya karena cukup berantakan dalam pengerjaannya. Sehingga saya memutuskan untuk membuat sendiri di bengkel variasi sekitar Rp. 40.000,- untuk sepasang plat nomor

9. Selesai kita pulang sekitar jam 10:45 .

Saya sempat ngobrol dengan seorang Kakek - kakek yang katanya udah berkali - kali ganti plat nomor, dulu biasanya untuk pembuatan plat nomor tidak langsung jadi pada hari itu. harus menunggu beberapa hari. namun ketika saya tanya berapa lama, si kakek lupa karena itu sudah 5 tahun yang lalu.

Berarti ada peningkatan dari segi pelayanan. Namun penulis harap petugas harus lebih meningkatkan kualitas lagi mengingat sebagai pembayar pajak kita juga menanggung biaya dalam pembuatan plat no tersebut. Jadi diharapkan petugas bisa lebih meningkatkan pelayanannya.

Demikian pengalaman saya membayar pajak sekaligus ganti plat nomor untuk pertama kalinya. jika teman - teman ingin sharing pengalaman silahkan isikan di  kolom komentar.


Load disqus comments

0 komentar